Jumat, 26 Maret 2010

Epidemiologi Riwayatmu Dulu

Awalnya istilah epidemiologi lahir dari akar kata epi (sesuatu pada atau tentang) demos (masyarakat atau penduduk) dan logos (ilmu) yang merupakan istilah dalam Bahasa Yunani. Istilah berakar pada kata dasar tersebut melahirkan pengertian epidemiologi merupakan suatu ilmu yang membahas segala sesuatu tentang penduduk.
Pengertian epidemiologi pun beraneka macam, dapat kita pilah pengertian menurut para ahli sebelum dan sesudah tahun 1960.
Menurut pengertian lama yang dipicu terjadinya wabah sebelum tahun 1060, epidemiologi merupakan ilmu yang membahas penyebaran dan perluasan wabah penyakit pada suatu kelompok penduduk.
Setelah tahun 1960 beberapa ahli memberikan sentuhan pengertian yang lebih luas dari sekedar wabah penyakit. Mag Mahon dan Pugh (1970) menekankan faktor-faktor yang menentukan terjadinya penyakit selain penyebarannya. Omran (1974)memberi pengertian lebih luas dengan menambahkan pengertian epidemiologi sebagai studi mengenai kejadian dan distribusi kesehatan selain penyakit serta perubahan yang terjadi pada penduduk. Mausner dan Kramer (1985) memberi warna lain dengan menyertakan kecelakaan selain penyakit pada manusia. Sedangkan Last (1988) menyimpulkannya menjadi suatu studi tentang distribusi dan determinan tentang keadaan atau kejadian yang berkaitan dengan kesehatan pada populasi tertentu serta aplikasinya untuk menanggulangi masalah kesehatan tersebut.
Kesimpulan atas banyak pengertian tersebut adalah penyakit pada populasi manusia tidak terjadi dan tersebar begitu saja secara acak serta adanya faktor penyebab dan faktor pencegahan yang dapat diidentifikasikan melalui suatu pengamatan (penelitian) secara sistematik pada populasi tempat dan waktu.
Sehingga pada dasarnya epidemiologi adalah ilmu empirik kuantitatif yang banyak membahas pengamatan dan pengukuran sistematik tentang penyakit, faktor-faktor yang berhubungan dengan penyakit serta pencegahannya.
Distribusi, frekuensi dan determinan suatu masalah kesehatan atau penyakit dalam suatu populasi akan dilakukan pengamatan untuk memperoleh suatu kesimpulan mengatasi masalah tersebut.
Epidemilogi lahir dan berkembang dari suatu pengertian sempit menjadi sangat luas sebagai suatu ilmu yang akan memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada kita untuk melakukan pengamatan, merumuskan determinan atau penyebab hingga menarik suatu kesimpulan untuk mengatasi masalah pada manusia.
Riwayat epidemiologi berkembang sampai sekarang menjadi ilmu yang sangat berperan bagi petugas kesehatan dalam membantu menjawab permasalahan yang akan ditemukan selama pengabdiannya.
Tetaplah menjadi bagian dari solusi bagai epidemiologi.
(Disarikan setelah menyimak Buku Ajar Epidemiologi untuk Mahasiswa Kebidanan, Wahyudin Rajab, M.Epid, 2009)